Pengertian dan Sejarah Sistem Operasi

Selamat datang ….
Terima kasih sudah mengunjungi website ini selamat membaca dan semoga bermanfaat. Enjoy :>

Pada pembahasan kita kali ini mengenai sejarah sistem operasi, berikut penjelasanya :

  • Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi atau bisa disebut dengan Operating System (OS) adalah sebuah sistem untuk mengontrol dan mengelola sumber daya pada sebuah perangkat. Sistem Operasi merupakan salah satu komponen penting agar bisa menjalankan sebuah komputer, karena tanpa adanya sistem operasi maka sebuah komputer tidak bisa melakukan booting. Selain itu Sistem Operasi memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat keras dan lunak yang dapat memudahkan pengguan dalam melakukan operasi atau perintah.

  • Sejarah Sistem Operasi

Perkembangan sistem operasi sangatlah cepat dari generasi ke genarasi berikutnya, untuk lebih detailnya sebagai berikut :

1. Sistem Operasi Generasi Pertama ( 1945 – 1955 )

Sesuai dengan namanya sistem operasi pada generasi pertama ini adalah cikal bakal sebuah sistem komputasi elektronik yang mulai berkembanng, dengan perkembangan sistem komputasi ini artinya sistem komputasi mekanik akan tergantikan. Alasan sistem komputasi mekanik digantikan dengan sistem komputasi elektronik adalah kerana seiring dengan perkembangan zaman sistem komputasi mekanik ini memiliki banyak keterbatasan dan kelemahan, yang paling menonjol adalah karena alat – alat mekanik yang tidak praktis dan susah digunakan.

Bahasa yang digunakan pada generasi ini adalah bahasa assembly yang memiliki fungsi terbatas. pada generasi pertama ini belum tercipta sistem operasi,untuk mengoperasikanya pada generasi pertama semua intruksi harus dikerjakan secara langsung.

2. Sistem Operasi Generasi Kedua ( 1955 – 1965 )

Pada generasi kedua mulai ada perkembangan yaitu mulai muncul sebuah sistem yang dinamakan Batch Processing System. Pada masa awal generasi kedua masih belum adanya sebuah sistem operasi, namun di dalamnya mulai muncul beberapa fungsi – fungsi dasar yang ada pada sebuah sistem operasi, seperti FMS ( Fortran Monitoring System ) dan IBSYS ( International Bussiness System ) kegunaanya adalah untuk memberikan layanan ke perangkat keras.

Pada generasi kedua untuk mengoperasikannya tidak seperti generasi pertama yang harus melakukan intruksi secara langsung, namun memanfaatkan sebuah sistem yang dinamankan Batch Processing System. Untuk alur pengerjaanya semua tugas dijadikan menjadi satu rangkaian lalu dieksekusi sesuai dengan urutan tugas.

Pada tahun 1964, IBM mengeluarkan komputer s/360 yang dirancangan khusus untuk mendukung perngkat keras yang digunakan yaitu OS/360 kemudian dikembangkan lagi dari s/360 menjadi s/370.

3. Sistem Operasi Generasi Ketiga ( 1965 – 1980 )

Pada generasi ketiga perkembanganya semakin meningkat pesat dari generasi sebelumnya, yaitu 1 komputer dapat digunakan untuk beberapa orang dan dapat menjalankan berbagai program secara bersamaan. Sistem operasi pada generasi belum berbasis GUI ( Graphical User Interface ) tetapi berbasis CLI ( Command Line Interface ). Istilah sistem operasi yang digunakan dalam generasi ketiga :
1. Multiuser adalah sebuah pc dapat digunakan untuk banyak pengguna.
2. Multiprogramming adalah sebuah pc dapat menjalankan beberapa tugas atau program secara bersamaan.

Sistem operasi Multics muncul pada generasi ketiga yang dibuat antara para ahli dari Bell Labs sebuah laboratorium milik AT&T ( American Telephone and Telegraph ) yang berkerja sama dengan MIT ( Massachusetts Institute of Technology ) dan General Electric. Tahun 1969 pembuatan Multics dihentikan karena banyak bugs / error dan sistem operasinya pun sangat sulit untuk dioperasikan setelah Multics dihentikan pada tahun 1970 muncul sebuah sistem operasi penerus Multics yaitu UNIX nama UNIX dinyatakan oleh Brian Kernighan yang menyatakan bahwa UNIX tidak sama dengan MULtics. Kemudian pada 7 tahun berikutnya seorang bernama Mike Lesk mengembangkan ported I/O library pustaka. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam membawa UNIX antara komputer satu dengan komputer yang lain karena sistem I/O dari setiap komputer berbeda.

Pada tahun 1973 sistem operasi unix mengalami penyebaran yang sangat luas. sedangkan pada empat tahun berikutnya yang menggunakan sistem operasi UNIX paling sedikit adalah 500 tempat, 125 digunakan oleh perguruan tinggi dan sisanya digunakan oleh 10 negara asing.

Berkeley yang mendapatkan dana dari ARPA mengembangakan Unix menjadi BSD Unix dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar lebih dari 6 tahun. Perkembangan yang paling menonjol terdapat pada multitasking, penamaan file dan penambahan jumlah karakter yaitu 255 karakter. Namun pada tahun yang sama AT&T juga mengembangkan produk komersial Unix yang disebut UNIX System V. AT&T menyatakan bahwa sebagai standart unix dan BSD Unix tidak standart unix. AT&T menyatakan hal tersebut karena yang AT&T yang memiliki hak cipta sebenarnya juga untuk menurunkan kepopuleran BSD Unix.

4. Sistem Operasi Generasi Ke Empat ( 1980 – 2000 )

Pada generasi ini sistem operasi digunakan untuk berbagai mode pengolahan seperti mendukung batch processing, timesharing, networking. Pada sistem generasi keempat kenyamanan pengguna sangat dipentingkan maka dibuatlah sistem operasi dengan berbasis GUI ( Graphical User Interface )
atau biasa disebut dengan komputer desktop. Urutan GUI pada sistem operasi generasi ke empat :
1. X Windows System
2. Mactntosh
3. Sun View
4. Microsoft Windows

Tidak hanya perkembangan sistem operasi berbasis GUI, namun teknologi jaringan internet juga mulai mulai berkembang dan mulai banyak oleh berbagai pengguna yang awalnya hanya digunakan untuk kepentingan militer sistem operasi untuk pc didominasi oleh microsft windows yang mulai diperkenalkan pada 1985.

Download file materi :

https://drive.google.com/file/d/15Bffdpa8aTRJqZKDo1MSdmQso3V21aQZ/view?usp=sharing

Daftar Pustaka

https://bundet.com/d/1457-sejarah-lengkap-sistem-operasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_sistem_komputer

November 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930